Jumat, 15 Januari 2016

Gelombang Elektromagnetik



GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK


Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak membutuhkan medium perantara untuk merambat. Cahaya matahari merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik.

A. spektrum elektromagnetik

Spektrum gelombang elektromagnetik adalah ragam gelombang elektromagnetik yang dikategorikan berdasarkan rentang panjang gelombang atau frekuensinya. Spektrum gelombang elektromagnetik dipancarkan oleh transisi elektron yaitu ketika suatu elektron berpindah dari orbit satu ke orbit yang lain. Spektrum elektromagnetik dapat dibagi dalam beberapa daerah yang terentang dari sinar gamma gelombang pendek berenergi tinggi sampai gelombang mikro dan gelombang radio yang memiliki panjang gelombang sangat panjang. Energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektrovolt untuk foton berenergi tinggi (di atas 100 eV), dalam panjang gelombang menengah, dan dalam frekuensi untuk energi rendah.

1. Gelombang Radio
Berfungsi sebagai alat komunikasi, seperti radio, televisi dan telepon dengan daerah frekuensi antara 10⁴ sampai 107 Hz. Gelombang radio memiliki sifat yang mudah dipantulkan oleh lapisan ionosfer bumi. Informasi berupa suara dikirimkan melalui gelombang radio dalam sebuah paket gelombang sebagai perubahan amplitudo yang disebut modulasi amplitudo maupun sebagai perubahan frekuensi yang disebut modulasi frekuensi. Modulasi frekuensi membawa informasi lebih baik daripada modulasi amplitudo (AM) karena pemancar AM terdengar derau akibat adanya peristiwa kelistrikan dan kemagnetan di udara yang mengganggu amplitudo gelombang.

2. Gelombang Mikro
Merupakan gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi, dapat mencapai 3 x 109 Hz. Dapat dipakai sebagai alat masak karena dapat memanaskan benda dengan menyerap gelombang tersebut. Radar (radio detection and ranging) menggunakan gelombang mikro. Antena berperan sebagai pemancar dan penerima gelombang.

3. Sinar Inframerah
Mempunyai frekuensi 1011 - 1014 Hz. Frekuensi tersebut dapat dihasilkan oleh getaran-getaran elektron dalam bahan. Getaran elektron pada suatu atom juga dapat memancarkan gelombang elektromagnetik pada frekuensi-frekuensi yang khas dalam daerah inframerah. Spektroskop infamerah adalah salah satu alat yang penting untuk mempelajari struktur atom dan molekul. dimanfaatkan sebagai remot televisi dan transfer data di ponsel.

4. Sinar Tampak
Dapat membantu penglihatan. Berada pada frekuensi sempit dengan panjang gelombang 10-6 cm - 10-7 cm. Urutan spektrum warna dari panjang gelombang terbesar: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

5. Sinar Ultraviolet
Dihasilkan oleh atom atom dan molekul dalam nyala listrik. Memiliki frekuensi antara 1015 Hz - 1016 Hz. Sumber utama dari sinar ultraviolet adalah matahari. Lapisan ozon di atmosfer berfungsi untuk menyerap sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh cahaya matahari. Berlubangnya lapisan ozon dapat meningkatkan sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi dan dapat menimbulkan kanker kulit. Sinar ultraviolet dapat digunakan untuk membedakan uang asli dan palsu.

6. Sinar X
Ditemukan oleh Wilhem Konrad Rontgen maka sering disebut sebagai sinar rontgen. Dihasilkan oleh elektron elektron yang terletak pada bagian dalam kulit elektron dari sebuah atom. Dapat juga dihasilkan oleh elektron yang ditumbulkan pada permukaan logam dengan kecepatan tinggi. Karena panjang gelombangnya pendek, sinar X memiliki daya tembus yang kuat.  Frekuensinya 1016 Hz - 1020 Hz. Banyak digunakan dalam bidang kedokteran dan indsutri.

7. Sinar Gamma
Memiliki frekuensi 1020 Hz - 1025 Hz, memiliki frekuensi terbesar. Memiliki daya tembus yang sangat besar. Geiger Muller merupakan alat yang dapat mendeteksi adanya sinar gamma.

B. Bahaya Radiasi Elektromagnetik

1. Dampak radiasi UV-B pada tumbuhan, dapat menghambat dan membuat tumbuhan menjadi kerdil.
2. Microwaves dapat menimbulkan efek stress pada syaraf otak.
3. UV-B yang mengenai orang sehingga dapat menyengat kulit manusia dan dapat menyebabkan perubahan molekul DNA, dapat memicu kanker kulit.
4. Radiasi handphone dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, hilang memori, dan dapat menyebabkan kanker otak.
5. Beberapa akibat lainnya dari radiasi otak antara lain merusak sel saraf, menurunkan dan menghilanhkan konsentrasi, merusak sistem kekebalan tubuh, meingkatkan tekanan darah gangguan tidur, dan perubahan aktivitas otak.
6. Menyebabkan keriput, noda gelap, dan melanoma pada wajah.
7.dampak dari wifi: nyeri kepala, telinga, tenggorokan
8. Sinar x dan sinar gamma dapat menyebabkan kerusakan sel pada jaringan hidup manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar